-->

Pengertian dan Fungsi DNS (Domain Name System)


Pengertian DNS (Domain Name System)


Domain Name System atau yang biasa disebut DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang hostname ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer, misalkan internet. DNS menyediakan alamat ip untuk setiap nama host dan mendata setiap setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (mail) untuk setiap domain (sumber Wikipedia). Lebih mudahnya pengertian dari DNS adalah sebuah nama yang digunakan untuk mentransmisikan alamat ip server. Atau dengan kata lain DNS merubah alamat ip menjadi sebuah nama domain contohnya www.google.com dan www.detik.com.



Fungsi DNS (Domaain Name Server)

DNS berfungsi untuk menerjemahkan hostname menjadi alamat ip ataupun menerjemahkan alamat ip menjadi hostname. Sebagai contohnya hostname google.com yaitu alamat ip nya adalah 127.217.21.206. Orang-orang lebih suka mengetik google.com dari pada ip addressnya pada bar search di web browser kita. Itu lah mengapa DNS diciptakan untuk lebih mudah mengingat nama-nama hostname atau server daripada kita mengingat alamat ip dari masing-masing hostname atau server yang ingin kita tuju.
DNS digunakan untuk mengetahui informasi secara lengkap mengenai sebuah hostname yang ada di internet baik itu alamat ip, alamat lokasi server atau hostname, dan waktu yang digunakan.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi DNS (Domain Name System)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel