-->

Pengertian FTP (File Transfer Protocol) Beserta Fungsinya

FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol internet yang pengembangannya paling awal dan masih digunakan hingga saat ini untuk proses download ataupun upload data dari FTP server dan FTP client.

FTP server adalah server yang bertugas untuk memberikan layanan tukar menukar data atau pengiriman data ke FTP client setelah FTP client melakukan request kepada FTP server.

Sedangkap pengertian dari FTP client merupakan perangkat yang meminta layanan tukar menukar data pada  FTP server, asalkan sudah terkoneksi dengan FTP server maka FTP client ini dapat melakukan proses upload, download ataupun yang lainnya dengan seijin dari FTP server.

Setiap orang bisa mengakses data di server FTP setelah layanan FTP di rubah menjadii layanan publik, tapi layanan tersebut bisa juga diatur untuk pengguna tertentu saja yang dapat melihat data setelah di lakukan pendaftaran pengguna dan memiliki izin akses.

FTP menggunakan salah satu protokol untuk komunikasi antara data server dan client yaitu protokol TCP (port nomor 21), sehingga server dan client dapat melakukan komunikasi sebelum adanya pengiriman data.

Manfaat dari FTP antara lain:
  • Dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar
  • FTP menyediakan transefer data yang reliable dan efisien
  • Kita dapat melakukan indirect maupun implicit remote computer
  • Dapat melakukan backup dengan mudah bagi para pemilik website
Kesimpulannya adalah FTP merupakan protokol yang digunakan untuk keperluan transfer atau tukar menukar data antar komputer (client dan server) dimana dengan adanya FTP kita bisa melakukan upload
dan download file dengan mudah.

Sekian artikel dari saya. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua.
Sampai jumpa :)

0 Response to "Pengertian FTP (File Transfer Protocol) Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel