-->

Pengertian SSH dan Fungsinya


Pengertian SSH

Secure Shell yang biasa disingkat dengan SSH merupakan suatu aplikasi pengganti remote login. Tak jauh berbeda dengan Rsh dan rlogin, dan SSH ini merupakan suatu protokol jaringan, dengan adanya SSH ini kita dapat menukarkan data melalui saluran yang aman antara dua perangkat jaringan. Protokol jaringan ini sering digunakan di sistem operasi Linux dan protokol ini diciptakan oleh Tatu Ylonen. Seorang peneliti di Helsinki University of Technology Finlandia, dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya yang mengirim informasi terutama yang berisi kata sandi dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti internet.

Fungsi dari SSH adalah :

  • Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim.
  • Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan daya yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.
  • Otentikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
  • Protokol yang digunakan untuk pertukaran data dalam suatu jaringan.
  • Menggantikan fungsi dari telnet, rlogin, ftp dan rsh. Yaitu salah satu fungsinya adalah menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan.

Manfaat saat menggunakan  SSH

Manfaat menggunakan akun SSH adalah meningkatkan keamanan data pada komputer ketika sedang mengakses internet, kaena dengan adanya akun SSH sebagai perantara koneksi internet, SSH akan memberikan enkripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain. Selain melakukan enkripsi data, SSH memiliki kemampuan melakukan Port Forwarding yang memungkinkan kita mendapatkan manfaat sebagai berikut:
  1. Melakukan koneksi dengan membypass (melewati) firewall atau proxy setempat.
  2. Melakukan koneksi aplikasi TCP. Misalnya : FTP server, mail server, webserver dengan lebih secure (aman).


Sekian artikel dari saya. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat untuk kita semua :)

0 Response to "Pengertian SSH dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel